Followers

Powered by Blogger.
RSS

Teknik Tepat Merawat Baju Si Kecil


Merawat baju si kecil tidak bisa disamakan dengan merawat baju orang dewasa. Idealnya harus diberikan perhatian ekstra agar baju yang akan dipakai nanti terasa nyaman saat menyentuh kulitnya. Selain harus bersih, bahan pencucinya pun tidak boleh sembarangan, bahan yang ramah untuk kulit bayi/anak yang masih sensitif. Di bawah ini terdapat beberapa teknik untuk membantu Anda bagaimana mencuci baju anak sbb:
  • Baju Baru 
    Ketika Anda membelikan baju baru untuk si kecil, akan lebih baik jika Anda mencucinya terlebih dahulu sebelum nantinya Anda pakaikan kepada anak Anda. Hal ini untuk menjaga agar baju anak lebih steril, karena saat berada di toko, Anda tidak tahu berapa lama baju tersebut dipajang di tempat tersebut. Pernah dipakai oleh orang lain atau jatuh ke bawah lantai.
  • Memilih Detergen 
    Waspadalah jika anak mengalami alergi setelah memakai baju yang baru saja Anda cuci. Ini bisa jadi karena deterjen yang Anda gunakan untuk mencuci kurang cocok dengan kulit anak Anda. Untuk itu, pilih dan gunakanlah deterjen yang aman bagi kulit anak Anda. Hentikan pemakaian deterjen yang mengakibatkan alergi tersebut dan segeralah konsultasikan ke dokter jika kondisi semakin parah.

  • Hindari Pemutih
    Pemutih pakaian mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit anak, bahkan dapat menyebabkan penyakit kulit. Untuk itu, hindarilah memakai pemutih dan deterjen yang menggunakan pemutih pada saat Anda mencuci baju anak Anda.
  • Memilih Pelembut 
    Pakailah pelembut pakaian yang aman untuk kulit bayi/anak Anda. Pada umumnya pada kemasan produk pelembut ini tercantum tulisan “Aman untuk bayi/anak”. 
  • Mesin Cuci
    Bagi Anda yang memakai mesin cuci, untuk mengeringkan pakaian anak disarankan untuk mengatur pada temperatur yang paling rendah. Hal ini bertujuan agar baju si kecil tidak menyusut.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Sebelum Anda cuci, terlebih dahulu pisahkan pakaian, popok, dan celana yang hanya sekedar kotor dengan yang terdapat sisa kotoran.
  2. Dengan menggunakan air kran yang mengalir, bersihkan sisa kotoran dari buang air besar
  3. Kucek-kucek dengan menggunakan sabun untuk celana atau popok yang terkena sisa kotoran buang air besar.
  4. Rendam pakaian di air biasa minimal selama 15 menit. Khusus untuk pakaian yang terkena noda dan susah hilang, rendamlah selama 30 menit.
  5. Bilas dan kucek pakaian anak dengan menggunakan air bersih.
  6. Dengan menggunakan deterjen yang aman, rendam lagi pakaian bayi/anak kemudian setelah itu kuceklah pakaian tersebut untuk menghilangkan noda pada pakaian.
  7. Bilas pakaian 2-3 kali dengan menggunakan air mengalir atau air di ember.
  8. Rendam pakaian dengan memberinya pelembut yang aman bagi kulit bayi/anak selama 10 menit. Kemudian keringkan dengan menggunakan pengering khusus pakaian atau bisa juga dengan menjemurnya di bawah panas sinar matahari. Kemudian simpan baju tersebut di tempat yang sejuk dan aman.
Nah, itulah tadi tips dalam merawat baju buah hati. Berikan yang terbaik bagi anak Anda termasuk dalam hal mencuci pakaian anak agar selalu terasa nyaman pada saat ia kenakan. Semoga bermanfaat!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment