Followers

Powered by Blogger.
RSS

Tips Nyaman Belanja Item Diskon

Siapa yang tidak tahu bahwa kaum hawa cenderung konsumtif? apalagi jika itu berlabel diskon! Mal seolah menjadi surga bagi para pecinta belanja saat musim diskon.

Tapi menghadapi pesta diskon, Anda tentu harus cerdas. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan harga murah, Anda jadi tidak bisa menahan nafsu belanja. Dilansir Mag for Woman, berikut enam tips cerdas berburu barang diskon.


Pilih barang dengan hati-hati
Saat memberikan diskon, banyak oknum penjual mencampurkan barang-barang yang sudah rusak atau memiliki cacat dengan barang-barang yang masih dalam kondisi baik. Kerusakannya mungkin sangat kecil sehingga tidak bisa langsung terdeteksi mata. Contohnya, sedikit sobekan kecil di pakaian.

Biasanya, mereka momen diskon biasanya dimanfaatkan mereka untuk 'membersihkan' barang-barang yang sudah rusak. Jadi berhati-hatilah saat memilih barang. Periksa dengan teliti setiap bagian barang yang Anda beli.

Belanja saat waktu luang
Belanja saat diskon memang lebih membutuhkan energi dan waktu luang. Pasalnya, para pemilik toko biasanya menyatukan seluruh barang diskon di rak-rak tanpa terorganisir dan tidak dikategorikan. Semua barang ditumpuk jadi satu hingga menggunung.
Anda tentu memerlukan banyak energi untuk membongkar semua rak agar bisa menemukan barang-barang yang Anda sukai dan butuhkan. Jadi, jangan pernah berbelanja dengan terburu-buru.

Buat anggaran
Namanya diskon, barang-baramg yang dijual tentu lebih murah dari biasanya. Potongan harga tersebut, bisa jadi membuat Anda tidak berpikir panjang dalam membeli barang.
Hasilnya, ada banyak barang yang tidak Anda butuhkan masuk dalam keranjang belanja. Jadi sebelum berbelanja, tetapkan anggaran belanja terlebih dulu dan tuliskan barang-barang apa saja yang akan Anda beli dalam satu daftar belanjaan. Dan berpeganglah pada anggaran yang sudah dibuat.

Jangan membawa anak
Sangat tidak dianjurkan bagi Anda membawa anak saat sedang berburu barang diskon. Fokus Anda bisa terbagi dua, antara memperhatikan anak Anda agar tidak hilang di tengah ramainya pengunjung dengan sibuk mencari barang-barang yang diinginkan.

Padahal saat berbelanja Anda perlu hati-hati dan bersusah payah membongkar tumpukan barang demi mendapatkan barang bagus dengan harga terbaik.

Jangan beli barang dari satu toko
Musim diskon biasanya tidak hanya diberikan oleh satu toko saja. Ada beberapa mal dan toko yang memberi diskon bersamaan. Itu artinya Anda memiliki banyak pilihan.

Jangan habiskan uang Anda di satu toko karena Anda akan menyesal jika menemukan barang yang sama di toko lain dengan harga lebih murah. Sebaiknya datangi beberapa toko, lalu tentukan barang yang dijual di toko mana yang paling Anda sukai dan harganya yang juga sesuai anggaran.

Beli barang yang benar-benar disukai
Salah satu pertanyaan terbaik bagi diri sendiri saat akan membeli barang diskon adalah: "Apakah saya sangat menyukai barang ini sehingga sebenarnya saya akan membelinya, bahkan tanpa potongan harga?"

Jika jawabannya ya, jangan ragu untuk membayarnya. Pertanyaan ini akan membantu Anda untuk membedakan antara membeli sesuatu hanya karena harganya yang murah atau membeli sesuatu karena Anda memang menyukainya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment